Kebutuhan Dasar Anak Untuk Tumbuh Kembang Yang Optimum

Kebutuhan Dasar Anak Untuk Tumbuh Kembang Yang Optimum

Banyak nutrisi yang berperan untuk menjaga kesehatan fungsi otak anak. Komite PBB di bidang nutrisi pun menyatakan bahwa anak-anak dengan nutrisi yang buruk memiliki kolerasi dengan menurunnya kemampuan akedemis dan kapasita psychological anak-anak. UNICEF bersama dengan komunitas lain memberdayakan keluarga dan komunitas di lingkungan sekitarnya untuk membantu setiap anak mendapatkan awal yang baik di kehidupannya. Salah satu bentuk upaya UNICEF untuk membantu mencapai tumbuh kembang anak yang optimal dan meningkatkan taraf hidup anak adalah program kerjasama dengan WHO, Care for Child Development. Dalam program ini lebih difokuskan pada kerjasama orangtua dan keluarga dalam menrawat dan mendidik anak secara efektif.

Bagaimana cara agar tumbuh kembang anak menjadi baik

Tiap anak berhak bertemu anak lain, bergabung, atau membentuk kelompok sepanjang hal ini tidak menghalangi orang lain melaksanakan haknya. Tiap anak berhak mengemukakan pandangannya dan menerima dan menyampaikan informasi. Hak ini dapat dibatasi jika pandangan Sweet Bonanza itu merugikan atau menyinggung sang anak atau orang lain. Tiap anak berhak tinggal bersama orangtua mereka kecuali jika hal itu justru merugikan sang anak—sebagai contoh jika anak mendapatkan perlakuan tidak baik atau diabaikan oleh salah satu orangtua.

Bentuk pendampingan yang paling sederhana untuk anak dalam proses pembelajarannya seperti mengantarkan anak sekolah terutama untuk hari pertama sekolahnya serta menyiapkan segala kebutuhan perlengkapan yang diperlukan. Asupan protein dapat diperoleh dari sumber makanan hewani seperti daging dan telur atau sumber nabati seperti tahu, tempe dan kacang-kacangan. Protein menjadi kunci untuk membangun, mengembangkan dan memelihara otot dan jaringan tubuh. Maka dari itu, dalam menyajikan susu anak, selain memperhatikan kandungan nutrisi dan kualitas susu yang dikonsumsi anak, Bunda juga harus memastikan kebersihan air yang digunakan ketika menyeduh susu anak. Faktor fisik.Yang termasuk dalam faktor fisik itu antara lain yaitu cuaca, musim, keadaan geografis suatu daerah, sanitasi, keadaan rumah baik dari struktur bangunan, ventilasi, cahaya dan kepadatan hunian, serta radiasi.

Berdasarkan teorinya, taraf kecerdasan sudah ditentukan sejak anak dilahirkan. Para ahli psikologi Loehlin, Lindzey dan Spuhler berpendapat bahwa taraf intelegensi 75% – 80% merupakan faktor keturunan. Kenyataan menunjukkan bahwa setiap individu yang dilahirkan ke dunia akan membawa pembawaan tertentu, terutama sifat-sifat yang berhubungan dengan faktor kejasmanian. Misalnya bentuk/struktur tubuh, warna rambut, warna kulit, warna mata, bentuk wajah, dan sebagainya.

Kandungan omega-3 dan omega-6 sangat penting bagi perkembangan dan fungsi otak anak. Website IDAI merupakan wadah informatif, baik bagi para dokter anak, maupun seluruh masyarakat, pemerintah, dan stakeholder kesehatan lain di Indonesia dalam bersinergi mewujudkan putra-putri bangsa yang lebih sehat. Dalam web site ini, tersedia berbagai referensi, rekomendasi, dan informasi seputar kesehatan anak lainnya yang selalu up to date. Karena pola asuh harus dilakukan oleh orang tua dengan cara yang benar.

Si Kecil dapat berlari, membalik kertas, berbicara sekitar 10 kata, menggambar garis lurus di usia 2-2,5 tahun. Di usia 3 tahun, Si Kecil sudah dapat memakai pakaian sendiri kecuali memasang kancing, menghitung sampai 10. Di usia 4 tahun Si Kecil dapat berdiri dan melompat dengan 1 kaki, memakai pakaian dengan baik, melempar bola dengan 1 tangan. Pada usia 5 tahun si Kecil sudah dapat menangkap bola, mengenali four warna, dan ketika usia 6 tahun si Kecil sudah dapat berjalan di satu garis lurus, dan menulis.

Sedangkan untuk anak usia di bawah 1 tahun, lebih dianjurkan agar diberikan makanan yang dibuat sendiri di rumah. Salah satu kebutuhan asuh yang penting adalah nutrisi, terutama untuk anak usia sampai 2 tahun. Dua tahun pertama kehidupan merupakan periode kritis/critical window, di fase ini anak harus mendapat asupan makanan dengan gizi optimum. Pastikan anak memperoleh asupan kalsium, zat besi, serta vitamin A sehari-harinya, karena ketiga zat tersebut dapat mendukung pertumbuhan anak. Perkembangan psikososial anak dapat dilihat dari bagaimana anak merespon lingkungannya.

Comments are closed.