Cara Investasi Saham Untuk Pemula, Belajar Online Dulu Biar Paham!

Cara Investasi Saham Untuk Pemula, Belajar Online Dulu Biar Paham!

Kendati begitu, investor juga diimbau untuk tidak terlalu sering mengecek fluktuasi harga saham. Hal ini diingatkan agar tidak mengganggu aktivitas pokok inbestor sekaligus menjaga psikologinya, karena harga saham mampu menguras pikiran. Tetap berinvestasi, tapi juga harus tetap sehat jiwa dan raganya. Andrey Wijaya, Head of Research RHB Sekuritas Indonesia mengatakan sebelum berinvestasi ada baiknya untuk mencari tahu terlebih dahulu mengenai apa itu saham, bagaimana profil saham, dan resikonya. Tiga hal ini harus dilakukan oleh orang yang pertama kali bermain saham.

Tips bermain saham

Pada dasarnya, permaianan saham seperti ini memang penuh dengan intrik. HANYA tahu cara bermain saham belum lah cukup sebagai bekal untuk sukses menjalani investasi yang satu ini. Anda sebaiknya juga harus tahu bagaimana cara untuk mengakali resiko bermain saham. Bagi saya pribadi, kalau mau pintar primary saham maka cukup lakukan three strategi di atas.

Pergerakan harga tidak dapat dianalisa menggunakan analisa elementary maupun teknikal. Saham gorengan dapat bergerak tiba-tiba dengan quantity dan nilai transaksi harian yang tinggi, meskipun sebelumnya sangat sepi ditransaksikan. Membeli saham berbeda dari sektor yang berbeda-beda, misalnya ada dari consumer, tambang, perbankan dan lainnya. Sampai di sini kamu sudah tau mana saham murah dan yang mahal dari dua cara penilaian di atas. Tentunya semua merujuk pada laporan keuangan dari emiten itu sendiri. Dalam praktek analisa value investing, bahkan dari investor sekelas Warren Buffett sekalipun, belia dalam menilai apakah saham murah atau tidak selalu melihat dua rasio ini, yaitu PBV dan PER nya.

Baik itu informasi yang terbuka maupun tersembunyi, pasti investor akan dengan cepat mengetahuinya. Tidak ada ketentuan seberapa besar atau kecil batas nilai PE yang harus kamu pilih, karena hal ini harus dibandingkan dengan PE produk serupa. Hal ini agar nilai saham tidak mudah dimanipulasi oleh individu untuk kepentingan mereka sendiri (istilahnya “penggoreng saham”). Investasi saham paling baik dilakukan saat situasi ekonomi sedang stabil atau mengalami peningkatan.

Karena dampak tersebut bisa mempengaruhi perusahaan sebagai subjek yang mengeluarkan saham. Sehingga, para investor akan berbondong-bondong menjual saham sebelum harga saham lebih jauh dan harganya jatuh di pasar modal. Panduan Analis.co.id ini ditujukan buat para pemula dalam investasi saham. Artikel ini akan menjawab pertanyaan bagaimana cara membeli saham perusahaan atau cara major saham yang tepat dan menguntungkan, cara menghidari rugi dari bermain saham dan lain sebagainya.

Aplikasi tersebut dilengkapi berbagai fitur untuk melakukan transaksi saham misalnya saja pemberitahuan ketika harga saham turun, knowledge analisis dan kebutuhan lainnya. Ketika berinvestasi dalam saham, investor diharuskan membuka rekening efek yang difasilitasi oleh perusahaan sekuritas. Setelah rekening sudah selesai dibuat, berikutnya investor harus mentransfer sejumlah dana ke rekening efek.

Berkaitan dengan poin sebelumnya, tip keempat adalah membuat target, baik goal dalam bentuk capaian maupun batasan waktu investasi. “Misalnya mau naik berapa persen selama berapa tahun,” kata dia. Kedua hal itu bakal menjadi batasan kapan akan mengambil hasil dari investasi itu. Masalah itu sebenarnya bisa ditanggulangi dengan adanya laporan dari dealer saham. Namun, Lana mengatakan hal tersebut masih perlu ditopang dengan ketersediaan waktu membaca laporan dan memahami argumen sang dealer. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menggali informasi tepercaya dan semuanya bisa dilakukan secara gratis.

Comments are closed.