Legalitas Bitcoin Sebagai Komoditas Dan Blockchain Sebagai Teknologi Finansial Di Indonesia

Legalitas Bitcoin Sebagai Komoditas Dan Blockchain Sebagai Teknologi Finansial Di Indonesia

Cryptocurrency adalah mata uang digital yang dikembangkan melalui sandi-sandi rumit di web sehingga sulit untuk diretas keamanannya. Dengan kata lain, Cryptocurrency memiliki sistem keamanan yang cukup baik walaupun tidak berupa asset fisik akan tetapi ada dalam bentuk digital. Saat ini, teknologi cryptocurrency sudah digunakan hampir di seluruh negara di dunia.

Satgas Waspada Investasi OJK mengatakan banyak pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan popularitas Bitcoin. Modusnya, orang menawarkan investasi dengan imbal hasil tinggi tanpa resiko untuk mengelabui orang lain. Meskipun peraturan ini memberikan legalitas yang solid buat perdagangan cryptocurrency di Indonesia, tetapi peraturan tersebut juga membuat sejumlah ketentuan yang bisa menimbulkan risiko bagi nasabah. Pembobolan ini yang tujuannya mengambil aset digital, dilakukan tidak hanya oleh orang luar tetapi juga orang dalam.

Usaha BitCoin

Fee ordernya biasanya sebesar persentase tertentu dari nilai transaksi, mulai dari 0.1% sd zero.3%. Untuk coin, exchange menetapkan minimum deposit yang diterima berbeda – beda, tergantung jenis coin-nya. Bisa pula deposit dalam bentuk koin, bisa Bitcoin, Ethereum dan jenis coin lainnya. Di setiap exchange terdapat daftar coin yang diterima sebagai deposit.

Meski dapat diperdagangkan sebagai komoditi di Bursa Berjangka, Menurut aspek legalitas Bitcoin tetap tidak bisa digunakan sebagai alat pembayaran ya. Pengetatan pengawasan terhadap cryptocurrency dapat berdampak pada melemahnya valuasi bitcoin dan lain-lain. Bitcoin terkoreksi sekitar 25% bulan ini akibat pengetatan di Tiongkok, Tesla menolak pembayaran dengan bitcoin, hingga riset JPMorgan yang mengatakan investor institusional mulai meninggalkan bitcoin. Dengan cara ini, para pebisnis dapat mengoperasikan dan mengembangkan bisnis enkripsi ini dengan lebih baik.

Kini, kita bisa melakukan kesepatakan dengan klien untuk mendapatkan pembayaran menggunakan Cryptocurrency. Pembayaran ini bisa kita jadikan sebagai investasi mengingat nilai dari mata uang kripto ini bisa naik daalam waktu singkat. Ia mengatakan, pembelian aset mata uang kripto tersebut bakal mendorong nilai bitcoin bangkit. Sekaligus mengingatkan bahwa token digital tersebut akan semakin langka dengan suplai yang terbatas.

Comments are closed.